Tour Wisata Sri Getuk, Keindahan Air Terjun Dan Mitos

Gunungkidul menyimpan panorama alam yang luar biasa. Selain pantai dan goanya Gunungkidul juga memiliki air terjun yang cantik.  Tak menyangka, daerah yang dikenal tandus dan kering menyimpan sumber mata air yang bisa dijadikan tempat wisata.  Sri Getuk merupakan wisata alam yg ada di kecamatan Playen, Gunung Kidul. Berada di tepi sungai oya,  Sri Getuk menyimpan keindahan alam yang menarik serta mitos yang beredar di masyarakat setempat. Air terjun ini disebut juga air terjun slempret nama ini berasal dari legenda yang ada di desa Bleberan. Konon kata slempret berasal dari kata slompret yg merupakan alat musik tiup. Menurut cerita yang beredar di masyarakat, air terjun ini pusatnya para jin dengan pimpinannya adalah  jin Anggo Menduro yang menyukai kesenian. Hal ini dibuktikan dengan suara berbunyi seperti drumband dan terompet yang terdengar di padukuhan Menggoran saat-saat tertentu.  Suara musik yg berasal dr air terjun ini jika didekati suaranya akan menghilang. Karena suara yang mendominasi adalah suara slompret maka air terjun ini dinamakan slempret.

tout wisata jogja

perahu sri getukJika anda berkunjung ke Air terjun Sri getuk anda harus sedikit lelah untuk sampai, karena air terjun tersembunyi di balik perbukitan. Tapi walaupun jauh tidak akan terasa karena pemandangan di kanan kiri jalan memang asri. Sampai area parkir anda akan disuguhi pemandangan perbukitan khas gunung Kidul serta pohon jati. Dari  parkiran anda harus berjalan kaki 200 meter, sampai ditepi sungai oya ada dua alternatif cara utk menuju kesana. Dengan getek kayu menyusuri kali oya atau berjalan kaki lewat area persawaahan. Jika anda memilih berjalan kaki, anda akan menempuh jarak sekitar 450 meter, menuruni 96 anak tangga yg berbatu dan becek. Jika menggunakan getek akan lebih mudah, cukup membayar Rp 10000 per orang anda akan diantar sampai air terjun dalam waktu kurang lebih 5 menit. Sepanjang perjalanan anda bisa melihat pemandangan alam berupa tebing tebing kapur di kanan kiri dan rimbun nya pohon yang masih asri. Jika musim kemarau sungai jernih dan tenang.

air terjun sri getukAir terjun Sri Getuk ini memiliki ketinggian 50 meter dengan 3 sampai 5  terjunan air, tergantung musim. Air yang jatuh merayapi batuan kapur yang berada di tepi sungai. Air terjun ini berasal dari 3 sumber yaitu Kedungpoh poh, ngandong, ngumbul. Ketiga sumber mata air ini mengalir menjadi satu kemudian pecah menjadi 3 cabang air terjun utama. Di sekitar air terjun utama terdapat 6 air terjun lain yang semuanya disebut dengan sri getuk. Area di sekitar air terjun didominasi batu keras berwarna abu abu yang terdapat dibawah air terjun. Kemudian disisi pinggir sungai jenis batunya adalah batu kapur. Batu disini cenderung licin sehingga pengunjung perlu ekstra hati hati bila ingin berjalan dibebaskan. Hati-hati ya kedalaman sungai di beberapa titik mencapai 30 meter.  Untuk itu berenang di sekitar air butuh pemandu yg biasanya dari warga setempat. Disediakan pelampung, dengan membayar Rp 5000 per orang. Sri Getuk dibuka pkl 8. 00 – 16.00. Tiket masuk Rp5000. Tarif tersebut sudah termasuk kunjungan ke goa rancang kencana.

penginapan sri getukTersedia juga paket wisata dengan fasilitas bodyrafting, minuman sambutan, dan cenderamata batik dan topeng dengan harga per paketnya Rp 175000/org.  Paket Outbond  dengan tarif Rp 30000/orang. Jika anda kemalaman atau masih ingin tinggal ditempat dan butuh penginapan, di sekitar obyek disediakan home stay dengan tarif Rp 75000 per orang dengan sekali makan.  Jangan takut tidak kebagian home stay, di desa Bleberan disediakan 20 homestay.  Anda penikmat kuliner? Disini juga tersedia kuliner lokal diantaranya belalang goreng yang merupakan makanan ekstrem. Belalang digoreng dan disambal, utk menemani nasi putih. Cocok dimakan dengan sayur Lombok ijo, gudeg daun singkong, ditambah tahu dan tempe goreng. Di desa Bleberan ini juga terdapat goa Rancang Kencana yang berjarak sekitar 1 km dari parkir Air terjun Sri Getuk. Goa rancang kencana, dulunya sebagai tempat berlindung bagi pasukan Mataram saat melawan Belanda. Di goa ini pasukan Mataram merancang strategi perang. Maka dinamakan goa rancang kencana.  Mengingat potensi yang luar biasa sri getuk dikembangkan sebagai tempat wisata terpadu meliputi goa rancang kencana dan air terjun sri getuk, bumi perkemahan, situs purba kala di padukuhan Menggoran.  Komplit bukan fasilitas yang ada? Langsung saja catat dalam agenda liburan anda sekeluarga untuk mengunjungi si cantik Sri Getuk.  Happy traveling.

Bersama kami Chetet Van Java Tour untuk mengeksplor wisata sri getuk dan sekitarnya. Paket wisata jogja yang kami tawarkan dengan harga yang terjangkau yang dapat anda pilih di sini. Atau dapat mengunjungi paket wisata lainya di sini. Kontak kami untuk informasi selengkapnya dan pemesanan untuk mendapatkan penawaran terbaik paket wisata di jogja

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *