Tour Wisata Ke Tamansari Jogja

Jogja menyimpan banyak cerita, kenangan. Mulai dari sejarahnya, masyarakatnya, tradisinya, kulinernya, tempat wisatanya. Selalu membuat orang kangen kembali ke jogja. Maka tak heran kota gudeg ini menjadi salah satu destinasi wisata favorit.  Keunikan budaya dan peninggalan budayanya menjadikan jogja istimewa. Selain kraton jogja sebagai icon jogja sekaligus menjadi tujuan utama, Taman Sari juga menyedot perhatian banyak wisatawan.  Berada di komplek dekat Kraton, tepatnya di jl. Taman anda bisa mengunjungi taman sari yang hanya butuh waktu 15 menit dari alun alun utara. Taman sari waterecastle orang menyebutnya. Istana air ini menyimpan banyak cerita para selir, permaisuri, dan para garwa ampil Sultan.

 

Awalnya taman ini mendapat sebutan the fragant garden. Dibangun pada masa Hamengku Buwono 1 (1758-1763), taman ini digunakan untuk rekreasi, taman bagi keluarga dan benteng pertahanan terakhir jika istana diserang musuh. Arsitek taman ini adalah seorang portugis yg dikenal dengan Demang Tegis. Istana air Taman  Sari dibangun megah penuh filosifs ini terakhir dipakai tahun 1812. Pada tahun 1975 direnovasi, kemudian tahun 1976 dibuka untuk umum. Kebun yang digunakan efektif tahun 1765-1812 ini mulanya membentang dari barat daya kompleks kedaton sampai kompleks magangan.

Istana air ini dibagi menjadi 4 bagian:

  1. Danau buatan yg ada di barat
  2. Pemandian umbul binangun merupakan danau buatan yang ada di selatan,
  3. Kolam girjawati dan pasarean ledok sari di selatan bagian ke 2.
  4. Jembatan gantung dan Pulau buatan yg memanjang dr kolam girjawati dan pasarean ledok sari sampai pemandian umbul binangun.

 Tapi kini hanya 1 bangunan yang masih utuh yaitu pemandian umbul binangun,  3 yang lain sudah dijadikan tempat pemukiman penduduk yang dulu menjadi abdi dalem kraton.  Yang tersisa sekarang yang ada di barat daya kompleks kedaton saja. Luas taman sari dulu sebenarnya sekitar 10 hektare. Terdiri dari 57 bangunan yaitu berupa kompleks pemandian, pulau buatan, danau, jembatan gantung, taman, kanal, lorong bawah tanah dan gedung, masjid dibawah tanah. Beberapa diantaranya rusak karena gempa 2006. Bangunan yang sudah direnovasi salah satunya adalah masjid bawah tanah. Masjid atau sumur gumuling terdapat dibawah tanah. Jika ingin menyambangi masjid ini anda harus melewati lorong bawah tanah yang diatasnya dulu adalah danau buatan. Desain yang menarik karena ketika anda memasuki lorong, maka anda tidak merasakan panas, karena diatas terdapat danau buatan. Ketika cahaya masuk lewat ventilasi membuat lorong terlihat indah. Masjid di dalam tanah ini terdiri dari 2 lantai berbentuk melingkar dan terdapat sumur di tengah. Dibawah untuk perempuan, yang atas untuk laki laki.

Pintu masuk ke taman sari yang sekarang, dulunya merupakan  pintu belakang dari taman sari.  Karena pintu depan sudah banyak dibangun rumah penduduk maka pintu belakang yang difungsikan sebagai pintu masuk. Dari pintu ini pengunjung dibawa masuk ke kolam pemandian kraton jogja, yang diatasnya ada lambang makara simbol tolak bala. Kolam terdiri dari 3 bagian, yaitu kolam umbul kawitan untuk mandi anak anak, umbul sari untuk selir dan putri Sultan, sementara di selatan umbul sari dibangun bangunan tinggi tempat Sultan melihat para selir mandi dan memilih satu diantaranya untuk mandi bersama di umbul binangun.  Kolam ini dikelilingi tembok besar dan tinggi.  Masing-masing umbul dihiasi dengan mata air yang berbentuk jamur, disekeliling kolam terdapat pot bunga raksasa. Umbul binangun juga disebut sebagai umbul pasiraman.

 Anda penasaran bukan? Segera ajak teman, saudara, keluarga untuk melihat eksotisme taman sari. Jangan khawatir tiket masuk tidak membuat kantong anda menipis. Cukup membayar 3000 saja utk wisata lokal dan 7000 untuk wisata asing. Anda juga bisa memakai jasa pemandu wisata untuk lebih menggali informasi seputar taman sari. Pemandu wisata disini tidak mematok harga. Cukup membayar kurang lebih 25000 anda akan cukup puas dengan informasi yang disampaikan.

Jika ingin ke taman sari jangan datang waktu sore, karena jam buka taman sari ini mulai dari pukul 08.00 sampai 14.00. Setelah melihat taman sari ini anda bisa menikmati kuliner yang menjadi khasnya jogja. Gudeg wijilan menjadi alternatif yang patut dicoba karena disinilah sentra gudeg jogja. Cemilan untuk oleh-oleh anda bisa membeli bakpia patuk. Jika masih kuat untuk jalan jalan anda bisa kunjungi tempat wisata yang tak jauh dari taman sari, antara lain kraton jogja, Malioboro, taman pintar, dll.

Eksplor paket wisata ke taman sari jogja ini bersama kami Chetet van java tour agar rencana liburan anda menjadi mudah dan lancar. Lihat pula paket wisata jogja kami lainnya untuk referensi rencana liburan selama di jogja atau cek disini. Untuk informasi selengkapnya dan pemesanan dapat langsung menghubungi kami via call atau chat whatsapp

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *